Resep Putu Bambu Enak Banget

Resep Putu Bambu - sama seperti kemarin , hari ini akan meneruskan membahas kue putu. kali ini adalah resep putu bambu. kue putu bambu bentuknya mirip bambu karena memang kue ini dicetak dengan menggunakan bambu. bahannya sama menggunakan tepung beras dan juga sebagai pemanis menggunakan gula merah atau gula aren.dan kue nya ditaburi parutan kelapa. enak banget pokoknya.

Sebagai kue tradisional , kue memang sudah jarang ditemui. menemukannya tidak semudah dahulu. namun masih ada juga yang jualan.biasanya kue ini di jajakan oleh penjual keliling. tentunya sangat beruntung jika di tempat kamu masih ada yang jual kue putu bambu ini. namun walau tak ada yang jual juga gak masalah. sebab zaman sekarang mudah sekali mendapatkan informasi. kamu bisa membuat kue ini sendiri dengan mencari resepnya di internet.
Resep Putu Bambu
Putu Bambu
soal resep kamu tak harus repot-repot mencari soalnya saya akan bagikan resepnya. sebelum itu saya akan bagikan tips agar kue putu buatan kamu seenak buatan abang penjual kue putu keliling. yaitu, soal bahan tepung beras. kalau kamu mau lebih enak , tepung berasnya harus buat sendiri alias tumbuk sendiri dari beras asli. bukan beli kemasan. soalnya beda banget nanti rasa dan tekturnya.

Oh ya selain itu bagi yang tidak punya cetakan bentu bambu , jangan khawatir , kamu bisa gunakan cetakan yang lain yang kamu punya. mau bentuk apa terserah , namun nanti jadinya kue ini tak lagi bermana kue putu bambu namun kue putu tanpa cetakan bambu. hehe.



Bahan membuat Kue putu bambu :

  • tepung beras 800 gram , caranya siapkan beras asli kemudian rendam dalam air selama 5 jam kemudian tiriskan airnya. tumbuk sampai halus. kemudian tambahkan garam dapur sedikit saja. kukus hingga setengah matang. tunggu sampai dingin. kemudian ayak dengan saringan. kemudian angin-anginkan agar kering.
  • gula merah 250 gram , haluskan dengan cara disisir
  • kelapa setengah tua 300 gram , yang sudah dikupas kulitnya. campur dengan 1 sendok teh gram , kemudian kukus sampai matang.
  • daun pisang secukupnya

Cara membuat kue putu bambu:

  • pertama panaskan kukusan
  • kemudian siapkan cetakan bambu....alasi cetakan dengan daun pisang.
  • siapkan adonan tepung tadi yang sudah di kukus setengah matang tadi... beri parutan kelapa dan sedikit air agar lembab. 
  • masukan adonan ke cetakan bambu setengah saja.kemudian beri parutan gula merah . kemudian beri lagi adonan tepung hingga penuh.
  • kukus sampai matang. 10 menit cukup. ingat mengukus cetakan harus dalam posisi tegak.
  • keluarkan kue dari cetakan. taburi dengan parutan kelapa.
Demikianlah resep kue putu tepung beras , semoga bermanfaat. ayo lestarikan dan jaga aneka kue tradisional kita.

Postingan populer dari blog ini

Resep Seblak Bandung Asli Enak

Cara Membuat Bubur Nasi Polos untuk orang sakit

Resep Lapis Surabaya Lembut Enak Banget