Resep Bubur Sumsum Paling Enak

Resep Bubur Sumsum Legit Praktis - Siapa yang tidak mengenal bubur sumsum? Bubur yang satu ini menjadi salah satu bubur yang paling familiar di kalangan masyarakat terutama di daerah Jawa. Meski warna dasarnya putih, tapi rasanya tidak sesederhana warnanya. Rasa tepung beras yang sudah dicampur dengan berbagai bahan dilengkapi dengan cairan gula merah akan lumer di mulut anda. Bubur sumsum yang nikmat ini sangat cocok dimakan bersama keluarga besar anda. Membuat sendiri bubur sumsum di rumah anda bisa menjadi pilihan cukup bagus karena anda dapat memilih bahan-bahannya sendiri yang pastinya sehat. Kami akan berbagi resep bubur sumsum yang mudah untuk diaplikasikan sekalipun untuk orang yang sama sekali belum pernah membuatnya.
Resep Bubur Sumsum
 Bubur Sumsum

Bahan untuk membuat bubur sumsum :

  • Siapkan 100 gram tepung beras halus
  • Garam halus kira-kira 1/2 sdt (secukupnya)
  • Daun pandan cukup 3 lembar 
  • Santan kelapa sekitar 650 ml

Bahan Saus Gula Merah:

  • Air mineral 100 ml
  • Gula merah sekitar 200 gram 
  • Daun pandan cukup 2 lembar
  • Kayu manis secukupnya


Cara Membuat Bubur Sumsum:

  • Untuk mengaplikasikan resep bubur sumsum yang legit, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masukkan santan, dan garam secukupnya dalam panci. 
  • Jangan lupa tambah tambahkan 2 lembar daun pandan agar aroma bubur menjadi lebih sedap. Aduk hingga rata. Rebus dengan api sedang kemudian masukkan tepung beras. Kalau bisa gunakanlah tepung beras masih fresh atau baru digiling. Namun jika anda memang tidak punya, alternatifnya anda dapat menggunakan tepung beras yang dijual di pasaran.
  • Dalam membuat bubur sumsum memang susah-susah gampang, jika belum tahu takaran yang pas tepung beras yang dimasak akan menggumpal atau terlalu keras. Untuk itu masukkanlah tepung sedikit demi sedikit agar tepung tidak menggumpal. Tetaplah mengaduk bubur hingga kental dan matang.
  • Untuk membuat saus gula merah, campurkan air mineral dan gula merah. Jangan lupa tambahkan daun pandan dan kayu manis agar saus gula merah lebih harum. Aduk terus selama proses perebusan agar gula tidak hangus. Masak hingga air gula agak mengental. Angkat panci kemudian langsung saring agar mendapat saus gula merah yang benar-benar bersih. 
  • Dalam penyajian bubur sumsum yang legit ini mulainya dengan menyiapkan mangkok cantik agar lebih menawan. Ambil bubur secukupnya, taruh dalam mangkok kemudian siram dengan saus gula merah secukupnya. Hiasi atas bubur dengan potongan daun pandan sebagai garnis agar tampilan bubur lebih berwarna. Sajikan bubur dalam keadaan yang masih hangat agar lebih nikmat. 
Baiklah itu tadi resep bubur sumsum yang cukup mudah untuk anda aplikasikan di rumah. Memang bagi anda yang baru mencoba akan terlihat agak sulit tapi jika anda sudah mulai mempraktekkannya akan lebih gampang kok. Dengan membuatnya sendiri dapat dipastikan anda memperoleh hasil yang diinginkan karena anda bisa mengkreasikan pembuatan bubur sumsum sesuai selera anda. Misalnya saja anda yang tidak suka dengan santan, maka susu bubuk dapat menjadi alternatif penggantinya. Anda hanya butuh susu bubuk sekitar 3 sendok makan. Semoga resep bubur sumsum ini berguna bagi anda.

Postingan populer dari blog ini

Resep Seblak Bandung Asli Enak

Cara Membuat Bubur Nasi Polos untuk orang sakit

Resep Lapis Surabaya Lembut Enak Banget