Resep Kue Lapis Tepung Beras

Resep Kue Lapis Kukus Tepung Beras - Indonesia banyak sekali jajanan pasar tradisional. Inilah yang menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia. Mulai dari sabang sampai marauke banyak sekali makanan-makanan khas dan tradisional yang ada di daerah masing-masing wilayah di indonesia. Buat anda yang tinggal di daerah jawa khususnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis jajanan tradisional. Salah satunya adalah kue lapis yang terbuat dari tepung beras. Kue lapis memang sangat banyak sekali macamnya. Ada yang terbuat dari tepung beras dan ada yang terbuat dari tepung terigu. Kue lapis mempunyai identik bentuk dan warna yang berlapis-lapis. Dengan warna-warna yang menarik dan membuat perut ingin segera memakannya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep kue lapis yang terbuat dari tepung beras. Kue lapis yang terbuat dari tepung beras mempunyai rasa yang manis dan gurih. Untuk mendapatkan kue ini sebenarnya sangat mudah. Di pasar tradisional masih banyak orang yang menjualnya dengan harga yang sangat murah. Mari langsung saja kita membahas bagaimana cara membuat kue lapis tepung beras.

Resep Kue Lapis Tepung Beras
Kue Lapis Tepung Beras

Bahan-Bahan Untuk Membuat Resep Kue Lapis 

  • 75 gram tepung sagu
  • 275 gram tepung beras
  • daun pandan 3 lembar saja.
  • setengah sendok teh garam
  • Pewarna makanan sesuai selera
  • gula pasir sebanyak 300 gram
  • 1 Liter santan kental


Cara  Membuat Kue Lapis Tepung Beras

  • Tahapan pertama untuk membuat resep kue lapis adalah dengan merebus santan dengan dicampurkan daun pandan dan garam. Aduk sampai mendidih. Angkat kemudian dinginkan. Pada saat merebusnya, santan harus selalu di aduk supaya tidak mengental dan terjadi gumpalan. 
  • Campur menjadi satu tepung sagu, tepung beras dan gula pasir sampai tercampur rata. Aduk dengan menggunakan tangan saja. 
  • Tuangkan santan yang sudah dididihkan kedalam adonan secara sedikit demi sedikit. Ulenin adonan sampai adonan tercampur dan agak encer. Jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental karena akan sulit pada saat memasaknya. 
  • Warnai adonan menjadi dua atau tiga warna dengan menggunakan pewarna makanan. Biarkan satu bagian tanpa diberi warna makanan.
  • Siapkan Loyang yang sudah diolesi dengan mentega dan sedikit tepung terigu supaya tidak lengket.
  • Tuangkan adonan pertama kemudian kukus selama 15 menit. Jika sudah matang siram kembali dengan adonan kedua, selanjutnya kukus kembali. Lakukan sampai adonan yang terakhir.  
  • Langkah yang paling terakhir adalah kukus adonan sampai matang. Kukus adonan kurang lebih selama 30 menit. Angkat dan kue lapis siap untuk dihidangkan.

Membuat kue lapis memang membutuhkan waktu yang lama, karena anda harus mengukus tiap warna satu demi satu. Ini membutuhkan kesabaran yang lebih banyak. Ketebalan adonan pada Loyang juga harus sama, supaya tiap lapis bisa matang dengan sempurna. Buat kue lapis menjadi empat atau lima lapis saja. Jangan terlalu banyak karena akan menyusahkan anda nantinya. Takaran tepung terigu dan tepung sagu juga harus tepat. Supaya kue lapis yang anda buat tidak terlalu lengket. Untuk pewarnanya, bisa menggunakan pewarna makanan atau ekstrak dari bahan alami. Ketika anda membuat kue lapis yang terbuat dari tepung terigu. Caranya juga hampir sama hanya bahannya diganti dengan tepung terigu. Sekian artikel kali ini mengenai resep kue lapis tepung beras. Selamat mencoba dan hidangkan untuk anggota tercinta keluarga anda. baca juga artikel resep risoles .

Postingan populer dari blog ini

Resep Seblak Bandung Asli Enak

Cara Membuat Bubur Nasi Polos untuk orang sakit

Resep Lapis Surabaya Lembut Enak Banget